Kamis, 24 November 2016

3 Elemen Utama Komputer Hardware, Software, Brainware dan Contohnya

Komputer mempunyai 3 Elemen penting yang berfungsi untuk menjalankan komputer. 3 Elemen Sistem Komputer itu adalah Hardware, Software, dan Brainware. Mungkin beberapa kalian ada yang masih belum benar-benar paham mengenai 3 Elemen Sistem komputer ini. Karena itu kali ini saya akan menjelaskan Pengertian dari Hardware, Software, Brainware dan Contohnya.

1. Hardware


Hardware atau dalam bahasa indonesia disebut juga perangkat keras adalah salah satu dari 3  elemen sistem komputer yang secara fisik dapat dilihat dan dipegang. Hardware terdiri dari perangkat input ( masukan ), processor ( mengolah data), dan perangkat output ( keluaran ). Perangkat input berfungsi untuk memasukan data baik berupa teks, data, gambar ke dalam komputer. Setelah data dimasukan oleh perangkat input, lalu akan diolah dan diproses oleh Processor yang kemudian akan diteruskan ke perangkat output untuk menampilkan data yang telah dimasukan dengan perangkat input. 

  • Contoh perangkat input : Keyboard, Mouse, Scanner, Webcam, dll.
  • Contoh Processor : Microprocessor 
  • Contoh perangkat output : Monitor, Speaker, dan Printer.
Hardware, Software, Brainware dan Contohnya


2. Software


Software atau dalam bahasa indonesia disebut perangkat lunak adalah perangkat komputer yang berisi perintah-perintah/ intruksi yang dapat dimengerti oleh komputer. Berbeda dengan hardware, secara fisik software tidak dapat dilihat apalagi dipegang. 

Software dibagi menjadi beberapa jenis : 

  • Sistem Operasi : Software yang berfungsi untuk mengorganisasikan semua komponen komputer. Contohnya seperti Windows, Mac OS, Linux dan Unix.
  • Software Aplikasi : Suatu program yang berfungsi untuk diaplikasikan untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan penggunanya. Contohnya seperti Microsoft Office, Microsoft Visual Basic, Libre Office dan masih banyak lagi.
  • Program bantu komputer ( Utillity ) : Suatu program yang berfungsi membantu mengisi kelemahan dari Sistem Operasi. Contohnya Anti Virus, Scan disk, Direct-X, dan lain-lain.
Hardware, Software, Brainware dan Contohnya


3. Brainware


Brainware atau bolehlah kita sebut dalam bahasa indonesia Perangkat otak adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan mengoperasikan komputer. Atau lebih umumnya brainware adalah orang yang menggunakan komputer.

Kesimpulan


Hardware, Software dan Brainware mempunyai peran yang sangat penting untuk menjalankan komputer.Hardware membutuhkan Software, Software membutuhkan Brainware, begitu pula Brainware membutuhkan Software dan Hardware. Ketiga komponen tersebut saling berkaitan dan bekerjasama untuk menjalankan komputer. 

4 komentar

  1. berarti kita sebagai brainware ya gan. thanks infonya

    BalasHapus
  2. thanks gan, bermanfaat sekali

    BalasHapus
  3. Yang paling penting adl brainware, kalo brainware error komputer juga bisa aja rusak :v

    BalasHapus
  4. hehe lengkasp sekali penjelasannya gan makasih nih infonya

    BalasHapus

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.
EmoticonEmoticon