Kamis, 01 Juni 2017

Mengenal tentang apa itu Bootable?

Assalamualaikum Wr. Wb.

Oke sob, pada kesempatan posting kali ini gue akan menjelaskan tentang apa itu Bootable?. Mungkin bagi sobat pernah atau bahkan sering mendengar istilah Bootable ketika sedang melakukan instalasi sistem operasi pada komputer. Nah, untuk itu supaya lebih tahu tentang Bootable, alangkah baiknya untuk Mengenal tentang apa itu Bootable? Untuk itu mari kita bahas bersama-sama.

Bootable itu adalah sebuah fasilitas atau bisa disebut juga layanan yang ada pada setiap sistem operasi, yang dimana di tempatkan pada media penyimpanan berupa harddisk, flashdisk, kartu memori, dan lain sebagainya.
Mengenal tentang apa itu Bootable?
Mungkin selama ini sobat mengira bahwa yang disebut dengan bootable adalah Flashdisk yang didalamnya terdapat sistem operasinya. Namun, nyatanya perkiraan sobat itu adalah kesalahan fatal. karena sebenarnya, yang dinamakan bootable itu adalah “ Media Penyimpanan “ yang didalamnya terdapat sistem operasi. Karena, bukan hanya Flashdisk saja yang merupakan media penyimpanan, melainkan ada yang lain seperti CD/ DVD, Kartu Memori, Disket, Harddisk, dan semua yang termasuk media penyimpanan.

Mengapa dinamakan dengan Bootable?

Dinamakan Bootable karena setiap sistem operasi pasti akan selalu melakukan first boot melalui media penyimpanan, seperti Flashdisk, Disket, Harddisk (HDD), CD/ DVD-ROM, dan masih banyak lagi. Contohnya pada saat kita melakukan setting BIOS pada posting Cara Instalasi Windows 7 Dengan Flashdisk kita harus menentukan “ Media Penyimpanan “ berupa flashdisk yang mana akan pertama digunaakan untuk (first boot) nantinya.

Selain itu, Bootable memiliki beberapa kegunaan tersendiri sob, apa sajakah itu? berikut beberapa fungsi Bootable :
  • Untuk instalasi sistem operasi 
  • Pembersihan data 
  • Pemulihan Data 
  • Pemecahan masalah ( Troubleshooting ) perangkat keras/ hardware dan perangkat lunak/ software. Untuk Demonstrasi 
  •  Software Akses administratif dalam kasus hilang password dengan sebuah boot yang sesuai dengan sistem operasi tertentu.
  • Mengubah Lingkungan Operasi
Kesimpulannya, Bootable adalah media penyimpanan yang bisa berupa kartu memori, CD/DVD, Flashdisk, disket, Harddisk, dan sejenisnya yang berisi sistem operasi yang bisa DIJALANKAN komputer tanpa memerlukan harddisk, sehingga nantinya dapat melakukan pertukaran data, alhasil memungkinkan untuk melakukan penginstalan sebuah sistem operasi pada sebuah harddisk. Jadi, kalau Media penyimpanan yang didalamnya ada sistem operasinya namun tidak bisa dijalankan, itu tidak bisa dibilang/termasuk Bootable sob!

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian apa itu bootable dan fungsinya. Mungkin pada awalnya kita mengira bahwa bootable itu hanya ada pada CD/ DVD yang sering digunakan oleh para tukang servis dalam menginstal ulang PC/ Laptop. Tapi, sebenarnya bootable juga dapat menggunakan media penyimpanan lain seperti Flashdisk, hal ini dapat membantu proses instalasi sistem operasi jika CD-DVD-ROM Komputer PC/ Laptop bermasalah atau rusak. Oke, sekian dulu postingan mengenai apa itu bootable? Semoga dengan postingan ini sobat bisa lebih mengenal apa itu bootable.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

5 komentar

  1. ooh jadi itu ya, jadi tahu ini gan, terimakasih

    BalasHapus
  2. Akhirnya nemu juga jawabannya. makasih gan. selesai tugas ane.. hihi..

    BalasHapus
  3. jadi ngerti nih kenapa di namakan bootable, biasnya bilang bootable cma ngrti mksdnya doang

    BalasHapus

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.
EmoticonEmoticon