Senin, 22 Mei 2017

Mengenal apa itu Command Prompt dan Fungsinya

Baik pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Mengenal apa itu Command Prompt dan Fungsinya. sebelumnya saya minta maaf jarang update artikel dikarenakan punya keperluan mau masuk perguruan tinggi. hehe .. oke langsungsaja, pertama-tama mari kenali apa itu command prompt.

Pengertian Command Prompt/ cmd

Pastinya kalian sudah pernah mendengar tentang command prompt bukan? command prompt yang biasa disingkat dengan CMD ini adalah sebuah baris perintah DOS yang ada di Sistem Operasi Windows. cmd biasanya digunakan untuk mempermudah user dalam menjelajahi windows, baik secara online maupun offline. Namun, dilain sisi cmd juga sering disalahgunakan oleh para peretas yang ingin melancarkan aksinya dengan bantuan command prompt. Untuk itu, kita sebagai pengguna komputer harus mengetahi tentang fungsi  dan kegunaaan cmd ini supaya dapat memahami manfaat dan juga kegunaan command prompt ini.
Mengenal apa itu Command Prompt dan Fungsinya
Command Prompt
Fungsi Command Prompt/ cmd

Berikut ini adalah beberapa fungsi/ kegunaan cmd untuk komputer.

1. Meng-handle beberapa masalah saat versi GUI (Grafik User Interface) pada Windows kita bermasalah karena virus komputer. Seperti hilangnya folder options pada explorer, task manager yang di-disable, tidak bisa membuka msconfig dan sebagainya. Kita juga bisa menangani virus komputer menggunakan cmd ini.
2. Sesuai dengan namanya, “Prompt” yang mempunyai arti harafiahnya adalah Quick atau cepat. dengan menggunakan cmd, kita bisa mengeksekusi sebuah perintah lebih cepat. Selain lebih cepat cmd ini juga lebih ringan ketika digunakan dibanding dengan explorer saat melakukan perintah masuk pada direktori tertentu, atau mencari file tertentu. 

3. Kita juga bisa men-shutdown atau mematikan komputer menggunakan perintah yang ada pada cmd, dengan cara ini kita bisa mematikan komputer secara normal. adapun perintah cmd untuk shutdown komputer adalah shutdown.exe -s lalu tekan "enter" otomatis komputer kamu akan langsung shutdown.

4. Bisa melihat kondisi baterai komputer atau laptop, seperti ketahanan baterai, kesehatan baterai, dan lain-lain. caranya, cukup menggunakan perintah powercfg energy pada cmd, tunggu sekitar 1 menitan sampai semua data baterai komputer tampil.

5. Dengan cmd kita bisa mengetahui kapan sistem operasi windows pada komputer terakhir kali di install. Caranya yaitu ketikkan perintah di cmd : Systeminfo | find i/ "install date\" ( jangan hapus tanda petik ) lalu tekan enter.

6. Kita juga bisa menjadikan komputer sebagai wifi dengan menggunakan cmd. perintah command prompt untuk membuat wifi seperti ini, netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namassidkamu key=password, klik enter.

7. Kita juga bisa menghentikan aplikasi secara paksa mengunaakan cmd. Biasanya kita menghentikan aplikasi secara paksa karena bikin ngelag atau not responding menggunakan task manager. Namun, Terkadang ada beberapa pengguna yang task manager-nya yang ter-disable/ tidak bisa dibuka ( biasanya diwarnet2), Sebagai alternatifnya kita dapat menggunakan CMD. Untuk caranya tunggu di posting artikel selanjutnya :D ( soalnya agak panjang untuk dijelasin )

8. Mungkin kita bisa menyembunyikan folder dengan hidden folder, namun cara tersebut sudah terlalu umum dan banyak diketahui oleh orang. nah, kita bisa menyembunyikan file/ folder dengan cara yang agak berbeda yaitu menggunakan cmd. Caranya ketik pada cmd : attrib +s +h "lokasi file atau folder yang ingin kamu sembunyikan". contoh attrib +s +h "D:\KomputerSantri".

Sebenarnya masih banyak lagi fungsi-fungsi dan kegunaan cmd yang mungkin bisa kalian pelajari. Namun sekiranya beberapa fungsi di atas bisa sedikit menjelaskan betapa berfungsinya cmd itu. Mungkin cukup sekian penjelasan mengenai Mengenal apa itu Command Prompt dan Fungsinya, semoga bisa bermanfaat.

1 komentar

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.
EmoticonEmoticon